Kamis, 13 Januari 2011

makalah

STRATEGI PENINGKATAN KINERJA GURU
DI SMP SUNAN AMPEL JOMBANG



A. LATAR BELAKANG MASALAH

Guru merupakan faktor yang dominan dalam proses pembelajaran sehingga merupakan faktor yang berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Bloom (1982) menyatakan bahwa guru bertanggung jawab terhadap kwalitas pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada dasarnya penurunan kualitas hasil pembelajaran, pembelajaran ini akan berpengaruh pula pada penurunan kualitas atau mutu pendidikan.
Peningkatan mutu pendidikan dianggap perlu dengan cara reorentasi penyelenggaraan menejemen dari pusat ke menejemen berbasis sekolah. Walaupun demikian didalam pelaksanaannya sekolah masih menghadapi berbagai masalah, diantaranya adalah permasalahan ketenagaan khususnya guru, ketidaksesuaian latar belakang pendidikan, kompetensi guru pemberdayaan dan kinerjanya.
Kemudian Wahjosumijo (1999) menyatakan bahwa tanggung jawab kepala sekolah dalam rangka pembinaan guru harus diarahkan untuk:
a. mencapai tujuan sekolah
b. membantu para guru untuk memperoleh kedudukan dan standart kinerja kelompok
c. memaksimalkan perkembangan karir guru
d. mempersatukan antar tujuan-tujuan individu guru dengan tujuan organisasi sekolah.
Konsep learning organization dipandang mampu dijadikan alat untuk meningkatkan kinerja guru, karna pada dasarnya konsep ini adalah organisasi yang memfasilitasi anggota-anggota organisasinya untuk terus belajar dalam rangka meningkatkan pemahaman mereka untuk terus meningkatkan kinerjanya.
Disamping itu guru juga harus ditingkatkan partisipasinya dalam penyusunan program sekolah, diberi tanggung jawab dalam melaksanakan program-program sekolah sehingga dapat tercipta sekolah yang efektif. Sekolah efektif inilah salah satu karakteristiknya adalah terciptanya partisipasi dan tranparansi menejemen (Depdiknas 2002). Implementasi penciptaan sekolah yang efektif harus dibarengi dengan pengontrolan (Controlling).kegiatan ini untuk mengetahui, mengawasi atau memantau proses dan pengembangan pelaksanaan program sekolah, caranya bisa dengan monitoring, evaluasi dan supervise.

B. Rumusan Masalah
Rumusan dan sekaligus tujuan penelitian yang dapat dirumuskan dari latar belakanag dimuka adalah
1. Strategi apa yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru
2. Bagaimana sikap para guru dalam melaksanakan kinerjanya

C. Kegunaan Penelitian
Manfaat dan kegunaan penelitian ini adalah
1. Sebagai upaya pengembangan kinerja guru
2. Sebagai bahan masukan bagi guru dan dapat disumbangkan bagi pengembangan pendidikan

D. Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan. Subyek penelitian ini adalah 15 orang guru SMP Sunan Ampel Jombang, focus dalam penelitian ini adalah kegiatan guru, meliputi penyusunan program pengajaran, kegiatan diskusi, kegiatan tatap muka, pelaksanaan penilaian, dan kegiatan perbaikan.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan studi dokumentasi terhadap kehadiran guru-guru dalam mengikuti kegiatan diskusi, rapat kerja sekolah, penyerahan program pengajaran, kehadiran tatap muka dan supervise kunjungan kelas cacatan pelaksanaan penelitian, data yang terkumpul ditabulasi dan dikuantifikasi.


E. Telaah Pustaka
Sebagian peniliti sudah melakukan penelitian mengenai kinerja guru seperti Wawan kuswandi dalam metode peniningkatan kinerja guru disamping itu ada ulasan baik perorangan atau editorial, serta beberapa hasil implementasi dari proyek pembinaan dan bantuan kelembagaan , berbagai karya tulis tersebut lebih banyak menyoroti masalah kinerja guru dan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.

F. Sistematika Pembahasan
Hasil penelitian ini akan dijabarkan dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I: Berisi pendahuluan sebagai pengantar untuk menjelaskan kelayakan urgensi
permasalahan dan arah penelitian yang untuk itu disertakan pula perangkat
metodologi yang akan digunakan.
BAB II: Mengemukakan landasan teoritis yang diperlukan untuk menyoroti dan
sekaligus sebagai bahan analisis atas kondisi di lapangan.
BAB III: Menyajikan data lapangan baik sebagai hasil observasi, dokumentasi dan hasil
wawancara.
BAB IV: Mengemukakan analisis atas data lapangan didasarkan pada teori-teori yang ada
BAB V: Menyajikan simpulan dari serangkaian penelitian ini, disertai pemikiran atau
saran-saran yang terkait dengan hasil penelitian.











JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER
METODOLOGI PENELITIAN

1. a) Yang menjadi pokok permasalahan adalah pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri XX. Karena model MBS memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan bersama/ partisipatif dari semua warga sekolah dan masyarakat untuk mengelola sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan kebijakan pendidikan nasional dan diharapkan tidak memberi peluang terhadap keinginan individu atau kelompok untuk menguasai/mengelola sekolah tanpa partisipasi warga sekolah dan masyarakat.
b) Fariabelnya adalah masyarakat dan MBS.
Masyarakat dan MBS memiliki karakteristik yang harus difahami oleh sekolah, karakteristik dimaksud meliputi seluruh komponen pendidikan dan perlakuannya pada setiap tahap pendidikan, baik masukan (input) proses maupun hasil (output) pendidikan
1. Hasil pendidikan yang diharapkan adalah : prestasi sekolah yang dihasilkan oleh proses pembelajaran dan manajemen di sekolah baik prestasi akademik atau non akademik.
2. Proses pendidikan sekolah yang efektif memiliki proses pendidikan :
- PBM yang efektifitasnya tinggi
- Kepemimpinan sekolah yang tangguh
- Lingkungan sekolah yang aman, tertib dan nyaman
- Pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif
- Sekolah memiliki kebersamaan yang kompak
- Sekolah memiliki budaya mutu
- Sekolah memiliki kewenangan
- Partisipasi warga sekolah dan masyarakat
- Keterbukaan (transparansi) manajemen
- Sekolah memiliki kemauan untuk berubah
- Sekolah melakukan evaluasi dan pelatihan
- Sekolah responsif dan antisipatif terhadap kebutuhan komunikasi yang baik.
- Sekolah memiliki akuntabilitas.
c) Mutu atau manajemen berbasis sekolah tidak maksimal, alasannya kurangnya kesadaran masyarakat dalam mendukung MBS.
2. a) Karena pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif maka kehadiran peneliti dilapangan adalah sangat penting, dan menentukan dan diperlukan secara optimal, kehadiran peneliti sekaligus sebagai instrumen utama dan sebagai pengumpul data penelitian.
b) Peneliti harus memahami kondisi riil di lapangan :
- Manajemen sekolah
- Kultur sekolah
- Hubungan sinergi dengan masyarakat
c) Karena fokus penelitiannya proses dan hasil pendidikan.
d) Kata proses dan hasil adalah dua kata yang tidak bisa dipisahkan kalau dalam MBS proses betul-betul dilaksanakan dengan baik, maka output / hasil pendidikan yang diharapkan adalah prestasi sekolah.
3. a) Penelitian eksperimen
Memaksimalkan apa yang akan kita sebut sebagai varian eksperimental.
b) Penelitian tindakan adalah kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk menetukan kualitas tindakan didalamnya. (Elliot 1982)
4. Mencari alternatif lain dengan cara memperbaiki atau merevisi.
5. a) PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap problema tersebut secara sistematis hasil kajian itu kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi masalah.
b) Diperlukan dua siklus, satu siklus atau satu putaran terdiri dari 4 komponen meliputi : 1. Perencanaan (planning), 2. Aksi atau tindakan (acting), 3. Observasi (observing), 4. Refleksi (reflecting)
Sesudah suatu siklus selesai diimplementasikan khususnya sesudah adanya refleksi kemudian diikuti dengan adanya perencanaan ulang (replanning), selanjutnya berdasarkan perencanaan ulang tersebut dilaksanakan dalam bentuk siklus tersendiri.
c) Model kutlewin.



d) Karena melibatkan beberapa komponen yaitu warga sekolah dan masyarakat
e) Warga sekolah, wali murid, komite dan masyarakat.
























STRATEGI PENINGKATAN KINERJA GURU
DI SMP SUNAN AMPEL JOMBANG





Oleh :
Syamsul Hadi
NIM:07.02.0278




Dosen Pengampu:

Prof. Dr. SUNARTO, M.Sc.




PROGRAM PASCA SARJANA
INSTITUT KEISLAMAN HASYIM ASY’ARI
TEBUIRENG JOMBANG
2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar